Minggu, 09 Januari 2011

Memutihkan KuliT Alami

Bahan alami membantu memelihara kulit.
Bahan-bahan alami di bawah ini bisa membantu dalam hal memelihara kulit. Tidak hanya menghaluskan, tetapi juga menyehatkan.

Jeruk Nipis
Air yang berasal dari daging buah ini dikenal sanggup membuat pori-pori mengecil dan menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak.
Ambil daging jeruk nipis, oleskan pada kulit wajah. Biasanya di sekitar hidung dan pipi yang pori-porinya terlihat besar. Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Usapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh lainnya.

Alpukat 

Alpukat banyak mengandung vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Semua zat ini berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit.
Sebagai pelembab. Ambil bagian dalam kulit alpukat, yang mengandung humektan, dan mampu menahan kelembaban kulit. Gosokkan secara lembut ke seputar wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah wajah menggunakan air dingin. Lakukan malam hari sebelum Anda tidur karena malam hari adalah waktu yang tepat bagi kulit untuk bekerja. Wajah yang terjaga kelembabannya membuat make- up bertahan lama sesudahnya.


Pisang
Pisang mengandung vitamin C dan gula, ia baik bagi kulit dan rambut.

Jika Anda tertarik dan ingin mencobanya, sebaiknya Anda memilih pisang yang benar-benar matang, tapi jangan pula terlalu matang sehingga kecoklatan.
Beberapa cara yang dapat dilakukan;
Sebagai Penghalus Kulit: Hancurkan 2 buah pisang lalu campurkan dengan 3 sendok makan gula pasir dan 1 sendok makan baby oil. Gunakan sebagai scrub cream ke seluruh tubuh Anda. Lakukan secara teratur seminggu sekali.



Ramuan campuran:

Pepaya dan Labu
Vitamin dan mineral yang terkandung pada buah labu dan pepaya bermanfaat untuk merawat kekencangan dan keremajaan kulit wajah. Menjadikan wajah tampak kencang dan berseri.

Alpukat dan pisang
Ramuan campuran alpukat dan pisang mengandung vitamin D, A, Asam Amino dan Asam Organik. Bermanfaat untuk merawat kelembaban kulit, menyegarkan kembali kulit wajah yang kusam. Merawat kehalusan dan kelembutan kulit wajah.

Belimbing dan Nanas
Vitamin C dan A dari dari buah belimbing dan nanas efektif membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah, menyegarkan dan menyejukkan wajah. Kandungan mineralnya membantu mengurangi kelelahan kulit, menjadikan wajah segar berseri.

Banyak di antara bahan campuran itu yang bisa Anda ramu sendiri. Daging, kulit dan air yang terkandung pada buah dapat Anda manfaatkan sekaligus. Untuk itu, buah seperti alpukat dan pisang dapat Anda lumat dengan peralatan di meja makan, sedang belimbing dan nanas dapat serta pepaya dan labu dapat Anda iris.

Meski begitu banyak pula bahan campuran yang disarankan untuk menghaluskan kulit itu sudah terolah dalam bentuk serbuk, siap digunakan sebagai masker dan bahan luluran tubuh agar tetap lembut dan halus. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan selera Anda.

Masker dan Lulur
Penggunaan masker merupakan salah satu upaya untuk mempercantik diri dengan perawatan menggunakan beberapa jenis tumbuhan seperti halnya sayuran. Masker dapat menegangkan dan melicinkan kulit. Penggunaan produk tumbuhan termasuk dalam pembuatan masker. Kulit yang masih remaja boleh menggunakan masker dari sayuran seperti ketimun, tomat, bengkuang, kentang, wortel.

Masker Bengkuang
Dapat memutihkan dan menghilangkan tanda hitam dan pigmentasi di kulit.
 

Masker Kentang
Dapat melembutkan dan memutihkan kulit.
 

Masker Tomat
Dapat menghaluskan dan melicinkan kulit wajah.

Lakukan luluran atau srubbing secara teratur (1 atau 2 minggu sekali) agar sel-sel kulit mati penyebab kulit kasar dan kusam akan terangkat dan terkelupas. Cara ini akan mempercepat pergantian lapisan sel-sel kulit yang lebih muda yang dengan sendirinya akan menjadikan permukaan kulit akan tampak segar dan bercahaya. Jangan lupa memakai cream sunblock setiap kali Anda ke luar rumah pada pagi dan siang hari, agar kulit terlindung dari sinar UV. Pada malam hari kenakan krem pelembut raga (body lotion) yang mengandung pemutih.

Untuk Perawatan Wajah:
Lakukan perawatan scrubbing khusus untuk wajah (banyak dijual di toko-toko produk kesehatan dan kecantikan) sekurang-kurangnya 1 atau 2 minggu sekali. Kenakan masker sesuai jenis kulit dan kebutuhan Anda (berminyak, berjerawat, kering atau yang mengandung pemutih dan Iain-lain.) Kenakan cream tabir surya pada pagi dan siang hari serta cream malam yang mengandung pemutih. Tapi perlu diingat, bila wajah sedang mengalami perawatan dengan zat pemutih, sebaiknya hindari terpaan langsung sinar matahari karena malah akan membuat iritasi kulit.



Tips memutihkan wajah :

dengan pisang ambon:

1. Ambil satu buah Pisang Ambon, kupas kemudian lumatkan hingga halus.
2. Tambahkan satu sendok teh : madu, lalu aduk rata.
3. Oleskan pada seluruh bagian wajah, termasuk leher, dan diamkan selama 15 menit.
4. Cuci bersih dengan air dingin.

dengan pare:
Ambil buah pare ditumbuk dan ambil airnya atau sarinya lalu campur dengan tepung beras sehingga berbentuk seperti  krim. Oleskan teratur setiap malam pada bekas luka tsb atau bagian tubuh yang hendak anda putihkan (wajah  misalnya).
Sebelum anda menggunakan ramuan di atas, basuhlah muka anda dengan air hangat untuk mencapai hasil yang maksimal.

Ada juga tips memutihkan leher:
Belah 2 jeruk nipis,celupkan pada minyak tanah dan kemudian gosokkan pada leher..lakukan teratur pagi dan sore selama satu minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.