Senin, 29 November 2010

MEngATASI LUkA BAKAR

Seringkali kita panik jika mengalami luka bakar baik yang relatif ringan atau cukup serius.  Beberapa tips di bawah ini semoga dapat membantu  meminimalkan luka atau setidaknya untuk pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter.
Dengan pucuk daun pisang
Bila tersengat knalpot motor atau setrika misalnya, cepat-cepat ambul pucuk daun pisang (jawa=pupus gedang).  Tempelkan daun pisang muda tersebut pada bagian yang terluka dan biarkan beberapa saat.  Ulangi dengan daun yang baru sampai rasa panas berkurang.
Dengan oli
Ambil minyak motor atau oli dan oleskan segera pada bagian yang terkena panas.  Niscaya rasa panas berkurang dan tidak melepuh.
Dengan pasta gigi atau kecap
Olesi bagian terluka dengan pasta gigi atau odol.  Kalau kejadiannya di dapur odol dapat diganti dengan kecap, oleskan pada bagian yang luka.
Dengan telur
Seputir telur ayam kampung dipisahkan antara kuning telur dan putihnya.  Oleskan putih telur tersebut pada luka yang terkena panas.  Tunggu sampai mengering kemudian olesi lagi secara terus menerus.  Jangan sampai terkena air hingga luka benar-benar mengering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.