Minggu, 27 Maret 2011

Tingkatan Manajemen dalam suatu Organisasi

(Tugas TOU 2 pertemuan ke-2 soal no.3)


Pada Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi manajer menjadi tiga golongan yang berbeda manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama :

  1. Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman). 
  2. Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi. 
  3. Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer)

1 komentar:

  1. sebenarnya masih ada satu tingkatan manajemen lagi, menurut T. Hani Handoko dibawah manajemen lini pertama atau biasa disebut manajemen operasional ada karyawan operasional atau karyawan nonmanajerial yang terlibat dalam proses produksi.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.