Minggu, 13 Maret 2011

DASAR pemrograman PASCAL


Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama Pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan philosophi terkenal abad 17 dari Perancis. Profersor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk mengajar program komputer secara sistematis, khususnya untuk memperkenalkan bahasa pemrograman yang terstruktur (structured programming). Jadi Pascal adalah bahasa yang ditujukan untuk membuat program terstruktur.

Salah satu kompiler pascal yang terkenal dan tercepat adalah Turbo PASCAL yang dibuat oleh perusahaan Borland (http://www.borland.com).

Langkah-langkah dalam pemrograman:
a. Menulis Program
b. Menjalankan dan menguji kebenaran program
c. Jika terjadi kesalahan (logika maupun kaidah) program diperbaiki dan
d. Kembali ke langkah b.
Langkah-langkah tersebut dapat di gambarkan dengan Flow chart:


Struktur Program Pascal
Struktur program pascal yang paling sederhana adalah seperti ini:
uses …;
var …;
begin
…. {Your program is here}
end.
Adapun struktur program pascal yang kompleks adalah sebagai berikut :
program … ; { Program heading }
uses … ; { Uses clause }
label … ; { Labels }
const … ; { Constants }
type … ; { Types }
var … ; { Variables }
procedure … ; { Procedures }
function … ; { Functions }
begin
statement; { Statements }

end.

Penjelasan:

Program heading
Judul program dalam Turbo Pascal bersifat optional dan tidak ada pengaruhnya dalam program. Jika ditulis akan memberikan nama program.
Contoh :
Program Penjumlahan;

Uses clause
Uses adalah sintak program yang digunakan untuk memanggil library atau *unit*. Crt / Wincrt adalah adalah salah satu library yang paling banyak digunakan didalam program Pascal. Masih banyak lagi library yang disediakan oleh program pascal. Dengan library ini Compiler dapat mengetahui library yang diperlukan.
Contoh:
Uses wincrt;

Declaration
Bagian ini meliputi deklarasi untuk Labels, Constants, Types, Variables, Procedures, Functions. Syarat terpenting dalam pembentukan suatu program adalah, bahwa setiap variabel, type non-standard, label, procedure non-standard, serta function non-standard yang dipakai didalamnya harus dinyatakan (deklarasi) terlebih dahulu pada bagian deklarasi.
Contoh:
var a, b, c : real;
 
Statements
Bagian ini merupakan inti dari program. Seluruh perintah dan urutannya serta proses Input/Output dalam program perlu disusun secara teratur oleh penyusun program. Segala yang ada pada bagian uses maupun deklarasi merupakan pendukung terhadap isi program. Bagian ini diawali dengan kata begin dan diakhiri denan kata end.
Contoh:
begin
statement; { Statements }

end.
Untuk membuat program anda menjadi mudah dibaca dan dimengerti, maka perlu diberi keterangan yang akan diabaikan oleh kompiler. Untuk membuat keterangan gunakan tanda kurawal { ini adalah keterangan }, atau (* ini adalah keterangan *).
Contoh:
var a, b, c : real; {ini adalah deklarasi}
Pascal menyediakan perintah Write dan Writeln yang dapat anda gunakan untuk menampilkan tulisan ke layar. Perbedaan dari kedua buah prosedur ini hanyalah terdapat pada posisi kursornya. Pada prosedur Write kursor akan berada di belakang teks yang dituliskan. Sedangkan pada prosedur Writeln, setelah menuliskan teks maka posisi kursor akan dipindahkan ke baris berikutnya. Perintah Readln dapat digunakan untuk membaca masukan dari pemakai dan menyimpannya ke suatu variabel.

Contoh program:
 uses crt;
 var a,b,c : integer; ( ini mengenalkan variable, dan datanya itu bertype integer).
begin ( bagian pernyataan).
clrscr; ( fungsinya untuk menghapus).
write(‘a:’); ( untuk menampilkan huruf a:).
readln(a); ( untuk menginput, lalu menampilkan data integer yang di masukan).
write(‘b:’); ( untuk menampilkan huruf b:).
readln(b); ( untuk menginput, lalu menampilkan data integer yang di masukan).
c: = a+b; ( c adalah hasil nilai penjumlahan dari a + b).
writeln (‘c:’,c); ( menampilkan c:).
readln; ( menampilkan hasil c:).
end. ( mengakhiri ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.